Inovasi Kreatif Bidang Hiburan yang dipengaruhi oleh Teknologi

 

Kemajuan teknologi berkembang pesat dari masa ke masa. Tak heran apabila semua sekarang terasa serba digital. Hal ini tentu mempengaruhi banyak aspek kehidupan, dari bidang pendidikan, kesehatan, bisnis, transportasi, komunikasi bahkan hingga hiburan. Dalam bidang hiburan sendiri teknologi sangat berperan besar. Banyak hiburan disekitar kita yang tanpa kita sadari tak lepas dari kemajuan teknologi yang ada pada saat ini.

Perhatikan sekeliling anda, sekarang mungkin sebagian dari anda mempunyai aplikasi Netflix baik di smartphone atau laptop anda. Tentu saja hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang ada. Tidak hanya Netflix, ada pula layanan streaming lain seperti Hulu, Viu, Amazon prime dan lain lain. Bahkan Disney juga mengeluarkan layanan live streaming yang bernama Disney+ Hotstar baru baru ini. Coba bandingkan dengan  keadaan 20 tahun lalu, yang mana hanya ada televisi tabung. Dimana untuk menonton kita harus memakai antena untuk mencari saluran. Tentu sangat berbeda dengan sekarang kita hanya perlu membuka aplikasi lalu mencari film yang kita tonton dan memastikan bahwa perangkat kita tetap dalam koneksi internet.

Berbicara tentang dunia hiburan tentu kita tak lepas dari industri musik maupun industri game. Untuk industri musik sendiri dapat kita rasakan dengan adanya aplikasi musik yang mudah diakses melalui smartphone seperti Spotify, iTunes, atau pun JOOX. Yang anda perlu sekali lagi hanya memastikan bahwa smartphone anda terkoneksi dengan internet. Ini juga berbeda pada masa lalu dimana apabila kita ingin mendengar lagu kita harus memutarnya menggunakan kaset pita atau vinyl.

Dan, pada industri game sendiri di tahun 2020 teknologi Virtual Reality menjadi sebuah trend teknologi dan berkembang dengan baik. Virtual Reality sendiri dapat disebut sebagai teknologi yang memungkinkan untuk menggantikan dunia nyata dengan sebuah dunia buatan atau virtual, hingga membuat pengguna percaya bahwa seolah – olah sedang berada di dunia lain. Dan, ini melibatkan seperangkat teknologi itu digunakan untuk membuat lingkungan virtual yang dihasilkan komputer tempat pengguna dapat mengalami dan berinteraksi seperti yang akan mereka lakukan dalam kehidupan nyata. Karakteristik dari Virtual Reality sendiri menjadikannya teknologi yang relevan untuk keperluan gaming. Contoh game Virtual Reality sendiri adalah Beat Saber.

Teknologi dapat mengubah semua bidang, tak luput juga bidang hiburan. Meskipun bidang hiburan sekarang sudah banyak kemajuan berkat teknologi, bukan berarti kita dapat terlena dengan hiburan yang disuguhkan kepada kita. Akan lebih lagi dari hiburan yang ada kita dapat menciptakan atau  mengembangkan sesuatu yang berguna.

 

Referensi :

https://www.forbes.com/sites/andrewarnold/2019/03/21/3-interesting-ways-technology-is-shaping-the-entertainment-industry/?sh=66b6956bc466

https://medium.com/@truescoopnews05/how-has-technology-changed-the-entertainment-industry-35bafc1aaa9e

https://www.researchgate.net/publication/323418731_Virtual_Reality_and_Games

 

Komentar

Postingan Populer