Inovasi Kreatif Bidang Hiburan yang dipengaruhi oleh Teknologi
Kemajuan teknologi berkembang pesat dari masa ke
masa. Tak heran apabila semua sekarang terasa serba digital. Hal ini tentu
mempengaruhi banyak aspek kehidupan, dari bidang pendidikan, kesehatan, bisnis,
transportasi, komunikasi bahkan hingga hiburan. Dalam bidang hiburan sendiri
teknologi sangat berperan besar. Banyak hiburan disekitar kita yang tanpa kita
sadari tak lepas dari kemajuan teknologi yang ada pada saat ini.
Perhatikan sekeliling anda, sekarang mungkin
sebagian dari anda mempunyai aplikasi Netflix baik di smartphone atau laptop
anda. Tentu saja hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang ada. Tidak
hanya Netflix, ada pula layanan streaming lain seperti Hulu, Viu, Amazon prime
dan lain lain. Bahkan Disney juga mengeluarkan layanan live streaming yang
bernama Disney+ Hotstar baru baru ini. Coba bandingkan dengan keadaan 20 tahun lalu, yang mana hanya ada televisi
tabung. Dimana untuk menonton kita harus memakai antena untuk mencari saluran. Tentu
sangat berbeda dengan sekarang kita hanya perlu membuka aplikasi lalu mencari
film yang kita tonton dan memastikan bahwa perangkat kita tetap dalam koneksi
internet.
Berbicara tentang dunia hiburan tentu kita tak lepas
dari industri musik maupun industri game. Untuk industri musik sendiri dapat
kita rasakan dengan adanya aplikasi musik yang mudah diakses melalui smartphone
seperti Spotify, iTunes, atau pun JOOX. Yang anda perlu sekali lagi hanya
memastikan bahwa smartphone anda terkoneksi dengan internet. Ini juga berbeda
pada masa lalu dimana apabila kita ingin mendengar lagu kita harus memutarnya
menggunakan kaset pita atau vinyl.
Dan, pada industri game sendiri di tahun 2020
teknologi Virtual Reality menjadi sebuah trend teknologi dan berkembang dengan
baik. Virtual Reality sendiri dapat disebut sebagai teknologi yang memungkinkan
untuk menggantikan dunia nyata dengan sebuah dunia buatan atau virtual, hingga
membuat pengguna percaya bahwa seolah – olah sedang berada di dunia lain. Dan,
ini melibatkan seperangkat teknologi itu digunakan untuk membuat lingkungan
virtual yang dihasilkan komputer tempat pengguna dapat mengalami dan
berinteraksi seperti yang akan mereka lakukan dalam kehidupan nyata. Karakteristik
dari Virtual Reality sendiri menjadikannya teknologi yang relevan untuk
keperluan gaming. Contoh game Virtual Reality sendiri adalah Beat Saber.
Teknologi dapat mengubah semua bidang, tak luput
juga bidang hiburan. Meskipun bidang hiburan sekarang sudah banyak kemajuan
berkat teknologi, bukan berarti kita dapat terlena dengan hiburan yang
disuguhkan kepada kita. Akan lebih lagi dari hiburan yang ada kita dapat
menciptakan atau mengembangkan sesuatu
yang berguna.
Referensi :
https://www.researchgate.net/publication/323418731_Virtual_Reality_and_Games
Komentar
Posting Komentar